Selasa, 15 November 2011

Luas Persegi Panjang



Persegi panjang adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar dengan pasangannya, dan memiliki empat buah sudut yang kesemuanya adalah sudut siku-siku
Rusuk terpanjang disebut sebagai panjang (p) dan rusuk terpendek disebut sebagailebar (l).
Persegi panjang yang keempat rusuknya sama panjang disebut sebagai persegi 

Luas Permukaan Bangun Ruang

MODEL BANGUN RUANG
Pokok bahasan dari alat peraga ini adalah melihat model bangun ruang, yang terdiri dari balok, kubus, kerucut, limas, segi empat, bola, bola setengah lingkaran, tabung, Bahan dan warna standard.

beberapa bangun ruang ini masing-masing mempunyai luas yang berbeda demikian juga luas permukaannya yang berbeda

Luas Belah Ketupat

 Belah Ketupat

 adalah bangun yang di bentuk dari segi tiga sama kaki kongruen yang alasnya berhimpit.

segi-n



Untuk mencari luas suatu bangun datar (poligon), yang kita lakukan biasanya adalah mencari luas segitiga-segitiga kecil yang menyusun poligon tersebut. Tentunya kita tahu bagaimana rumus suatu segitiga. Banyak sekali rumus-rumus untuk mencari luas segitiga. Semua inti dari rumusnya adalah L= \frac{1}{2} \times a \times t.

Layang-layang

 Sifat-sifat laying-layang

1. Dua pasang sisi yang berdekatan sama panjang
2. Sepasang sudut yang berhadapan sama besar
3. Salah satu diagonalnyan merupakan sumbu simetri
4. Salah satu diagonalnya membagi laying-layang menjadi dua sma panjang dan kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus

b.    Keliling layang-layang
    K = 2 ( y + x )





untuk mengetahui layang-layang lebih lajut silahkan download disini filenya

jaring-jaring balok





untuk melihat jaring-jaring balok dan filenya silahkan download disini

persamaan linear 2 variabel

persamaan linear 2 variabel
 
SISTEM PERSAMAAN LINIER
DUA VARIABEL
Sistem persamaan linier dua variabel adalah dua persamaan linier dan dua variabel yang hanya memiliki satu titik penyelesaian.
Bentuk umum :
a1x + b1y  = c1
a2x + b2y  = c2

persamaan dan pertidaksamaan linear

Review Concept

¨Pemodelan dengan fungsi linear adalah contoh pemodelan yang paling sederhana.
¨Variabel adalah sesuatu yang berubah-ubah di dalam pemodelan kita.
¨Konstanta adalah sesuatu yang nilainya tetap/tidak berubah dalam model kita.
¨Ekspresi Aljabar adalah ekspresi dalam bahasa matematis yang mengandung variabel.
¨Dalam menerjemahkan kejadian sehari-hari menjadi bentuk ekspresi matematis, cari kata kuncinya.

persamaan kuadrat

Bentuk Umum Persamaan Kuadrat
Bentuk umum atau Bentuk Baku persamaan kuadrat adalah:
 ax2 + bx + c= 0

pers. Eksponen dan Logaritma

Eksponen dan Logaritma
Pangkat

Pangkat dari sebuah bilangan ialah suatu indeks yang menunjukkan banyaknya perkalian bilangan yang sama secara berurutan.
Notasi xa : bahwa x harus dikalikan dengan x itu sendiri secara berturut-turut sebanyak a kali.

pernyataan, nilai kebenaran dan kalimat terbuka

pernyataan, nilai kebenaran dan kalimat terbuka

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN
Pengertian Dan Rasional
Keterampilan Membuka Dan Menutup Pelajaran

keterampilan membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mempersiapkan mental dan menimbulkan perhatian siswa. Hal ini dimaksudkan agar siswa terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari. Kegiatan membuka pelajaran semacam itu tidak saja harus dilakukan guru pada awal jam pelajaran tetapi juga pada awal setiap penggal kegiatan dari inti pelajaran yang diberikan selama jam pelajaran itu. Untuk menyiapkan mental siswa terhadap hal-hal yang akan dipelajari, guru dapat melakukan usaha-usaha dengan memberi acuan dan membuat kaitan antara materi pelajaran yang telah dikuasai siswa dengan bahan baru yang akan dipelajari. Siswa yang mentalnya siap untuk belajar adalah mereka yang telah mengetahui tujuan pelajaran, mengetahui masalah-masalah pokok yang harus diperhatikan, mengetahui langkah-langkah kegiatan belajar yang akan dilakukan, dan mengetahui batas-batas tugas yang harus dikerjakan untuk menguasai pelajaran tersebut. Untuk menimbulkan perhatian dan motivasi siswa terhadap hal-hal yang akan dipelajari, guru dapat melakukan usaha-usaha menimbulkan rasa ingin tahu, bersikap hangat dan antusias, memvariasikan cara mengajarnya, menggunakan alat-alat bantu mengajar, memvariasikan pola interaksi dalam kelas, dan sebagainya. Siswa yang perhatian motivasinya telah timbul nampak asyik dalam melakukan tugas, semangat dan kualitas responnya tinggi, ada pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan, dan cepat mereaksi terhadap saran-saran guru. K
Kegiatan membuka pelajaran tidak mencakup urut-urutan kegiatan rutin seperti menertibkan siswa, mengisi daftar hadir, menyampaikan pengumuman, menyuruh menyiapkan alat-alat pelajaran dan buku-buku yang akan dipakai dan lain sebagainya yang tidak berhubungan dengan penyampaian materi pelajaran. Kegiatan membuka pelajaran ada kaitannya langsung dengan penyampaian materi pelajaran.
Kegiatan menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk me-ngakhiri kegiatan inti pelajaran. Usaha menutup pelajaran tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari siswa, mengetahui tingkat pencapaian siswa dan tingkat keberhasilan guru dalam proses

MERANCANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA

MERANCANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Pengertian dan Ciri-Ciri Rencana
Pembelajaran Matematika
Apabila Anda akan berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar, apa yang Anda lakukan terlebih dahulu? Saya yakin jawabannya adalah menyiapkan uang untuk belanja dan menyusun rencana belanja. Rencana yang Anda susun tentu akan meliputi barang-barang yang akan dibeli dan tempat untuk mendapatkan barang-barang tersebut. Seandainya Anda ke pasar tanpa menyusun rencana, apakah yang akan terjadi? Anda tentu sepakat bahwa kemungkinan besar yang akan terjadi adalah barang-barang yang Anda beli tidak sesuai dengan kebutuhan. Bahkan kemungkinan terburuk Anda akan berputar-putar saja di pasar tanpa ada yang dibeli.
Kondisi di atas terjadi juga pada proses pembelajaran matematika. Sebelum kita melaksanakan pembelajaran matematika, tentu guru harus menyusun rencana pembelajarannya terlebih dahulu. Rencana pembelajaran yang dirancang ini nantinya merupakan arah bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika yang efektif dan efisien dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Tentu saja dalam penyusunan rencana pembelajaran ini, guru harus tetap mempertimbangkan kemampuannya sebagai pelaksana pembelajaran dan kebutuhan siswa sebagai peserta belajar. Dengan demikian rencana pembelajaran matematika adalah rencana kegiatan operasional yang dirancang oleh guru yang berisi skenario tahap demi tahap tentang kegiatan matematika yang dilakukannya di kelas bersama siswa dalam satu kali tatap muka (pertemuan).
Di dalam rencana pembelajaran tersebut, standar kompetensi dan kompetensi dasar harus dijabarkan ke dalam indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber dan penilaian pembelajaran. Penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ini tentu saja harus tetap mengacu kepada hakikat pembelajaran matematika yang menekankan penguasaan konsep dan algoritma di samping kemampuan memecahkan masalah, dan mengacu juga kepada prinsip-prinsip mempelajari matematika sebagai berikut:
1.Materi matematika disusun menurut urutan tertentu atau topik matematika didasarkan pada sub topik tertentu
2.Seorang siswa dapat memahami suatu topik matematika jika ia telah memahami sub topik pendukung atau prasyaratnya
Pengembangan

PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
Pendahuluan atematika itu sulit! Begitu kesan yang beredar di antara sebagian besar siswa dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, bahkan mahasiswa pun seringkali memiliki kesan serupa. Bukan tidak mungkin Anda sendiri mempunyai kesan yang sama tentang matematika. Kesan ini diyakini sebagai salah satu penyebab kurang berminatnya sebagian besar siswa untuk belajar matematika. Banyak upaya sudah dilakukan orang untuk membuat matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan. Berbagai metode dan pendekatan belajar telah dikembangkan untuk membuat siswa menyenangi matematika. Pendekatan matematika realistik adalah salah satu pendekatan belajar matematika yang dikembangkan untuk mendekatkan matematika kepada siswa. Masalah-masalah nyata dari kehidupan sehari-hari digunakan sebagai titik awal pembelajaran matematika untuk menunjukkan bahwa matematika sebenarnya dekat dengan kehidupan sehari-hari. Benda-benda nyata yang akrab dengan kehidupan keseharian siswa dijadikan sebagai alat peraga dalam pembelajaran matematika.. Penelitian-penelitian di bidang ini telah menghasilkan laporan yang cukup menggembirakan. Siswa menjadi lebih tertarik dan senang belajar matematika serta menunjukkan peningkatan hasil belajar yang cukup memuaskan (Hadi, 2005).

PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES
PENDAHULUAN
Tiga puluh tahun yang lalu menonton televisi hanya merupakan mimpi bagi rakyat Indonesia. Namun sekarang, jaringan televisi sudah tersebar ke seluruh penjuru tanah air. Tiga puluh tahun yang lalu jumlah pesawat telepon juga sangat terbatas. Namun sekarang, pesawat telepon sudah menyebar ke mana-mana. Bahkan sudah meningkat kepada penggunaan telepon genggam yang dulunya merupakan hal yang mustahil untuk dimiliki. Kemajuan ilmu dan teknologi ini juga diikuti oleh kemajuan pada bidang lain, seperti di bidang pertanian, industri, dan jasa. Pada saat ini, semuanya hampir sudah tersedia, tinggal bagaimana kita masing-masing untuk memanfaatkaannya.
Sebagai Guru, apakah Anda pernah memikirkan bagaimana memanfaatkan berbagai perkembangan ini di dalam pembelajaran matematika? Apakah Anda juga pernah berusaha mengarahkan siswa mengelola apa yang diperolehnya dari lingkungan sekitar untuk meningkatkan hasil belajar mereka? Apabila jawabannya belum, berarti Anda belum memahami dengan baik makna keterampilan proses dalam suatu pembelajaran.
Keterampilan proses adalah keterampilan memproses informasi yang diwarnai dengan prinsip-prinsip Cara Belajar Siswa Aktif yang secara umum hampir sama dengan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) seperti termuat dalam Kurikulum 2004 dan 2006. Di Sekolah Dasar, keterampilan ini seharusnya muncul dalam mata pelajaran kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk juga matematika. Hal ini tercermin dari tujuan pembelajaran mata pelajaran kelompok ini seperti termuat di dalam kurikulum Sekolah Dasar 2006 (Depdiknas, 2006) yaitu untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
Bagaimana karakteristik keterampilan proses dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dan bagaimana hubungannya dengan CTL.

segitiga Ajaib

Segitiga Ajaib

Simetri

Simetri

Simetri Putar

Simetri Putar

Luas Segitiga

Proses Menemukan Luas Segitiga

Luas Trapesium

Luas Trapesium

Luas Jajaran Genjang

untuk mencari luas jajaran genjang, langkah-langkahnya:
1. gambar sebuah jajar genjang dengan alas dan tinggi sebarang.
2. hitung jumlah petak pada jajar genjang tersebut

untun mengetahui langkah-langkah selanjutnya silahkan download aja filnya disini

TEORI BELAJAR DIENES

 TEORI BELAJAR DIENES

 Setelah menyelesaikan modul ini, Anda diharapkan dapat menjelaskan pendekatan pembelajaran matematika dengan pendekatan teori belajar Dienes. Secara lebih terperinci, Anda diharapkan dapat:
1.      Memahami dan dapat menggunakan teori Dienes dalam pembelajaran matematika;
2.      Memahami keterkaitan teori belajar Dienes dengan teori Piaget;
3.      Memahami keterkaitan teori belajar Dienes dengan PAKEM;
4.      Memahami dan dapat menggunakan enam tahap belajar dari teori Dienes;
5.      Mengenal setiap individu anak didiknya dalam belajar matematika;
6.      Memahami teori belajar dan mengajar matematika di Sekolah Dasar berdasarkan teori Dienes;
7.      Memberi kesan pada anak didiknya bahwa matematika tidak sulit tetapi menantang melalui permainan matematika;
8.      Meningkatkan faktor pengaruh yang menyenangkan anak didik dalam belajar matematika.

Untuk belajar lebih lanjut tentang teori ini silahkan download filenya

TEORI BELAJAR BRUNER

TEORI BELAJAR BRUNER

Pendahuluan atematika mengkaji benda abstrak (benda pikiran) yang disusun dalam suatu sistem aksiomatis dengan menggunakan simbol (lambang) dan penalaran deduktif (Sutawijaya,1997:176). Menurut Hudoyo (1990:3) matematika berkenan dengan ide (gagasan-gagasan), aturan-aturan, hubungan-hubungan yang diatur secara logis sehingga matematika berkaitan dengan konsep-konsep abstrak. Sebagai guru matematika dalam menanamkan pemahaman seseorang belajar matematika utamanya bagaimana menanamkan pengetahuan konsep-konsep dan pengetahuan prosedural. M
Hubungan antara konseptual dan prosedural sangat penting. Pengetahuan konseptual mengacu pada pemahaman konsep, sedangkan pengetahuan prosedural mengacu pada keterampilan melakukan suatu algoritma atau prosedur menyelesaikan soal-soal matematika. Menurut Sutawijaya (1997:177), memahami konsep saja tidak cukup, karena dalam praktek kehidupan sehari-hari siswa memerlukan keterampilan matematika.
Salah satu untuk dapat memahami konsep-konsep dan prosedural, guru perlu mengetahui berbagai teori belajar matematika. Dalam unit akan membicarakan bagaimana cara kondisiswa dengan memahami teori belajar yang dikemukakan oleh Bruner. Unit ini akan terbagi dua subunit, yakni subunit 1 dasar dan konsep teori belajar Bruner, subunit 2 aplikasi teori belajar Bruner dalam pembelajaran matematika.
Setelah membaca materi dalam unit ini diharapkan Anda dapat menjelaskan dasar dan konsep teori belajar matematika Bruner, menyebutkan ciri-ciri pembelajaran matematika menurut teori belajar Bruner.
Unit ini dilengkapi pula dengan video pembelajaran matematika teori Bruner di sebuah sekolah dasar. Pelajarilah unit ini dengan baik dan kerjakan latihan dan tes formatif yang terdapat pada bagian akhir setiap subunit, lalu bandingkan pekerjaan Anda dengan kunci jawaban yang ada pada bagian akhir setiap subunit. Di samping itu, perhatikan dengan seksama bagaimana toeri belajar ini di terapkan dalam proses pembelajaran matematika yang ada dalam video.

DASAR DAN KONSEP
TEORI BELAJAR BRUNER
  belajar lebih lanjut tenteng teori belajar ini, download aja filnya

Senin, 14 November 2011

TEORI BELAJAR GAGNE



TEORI BELAJAR GAGNE

 Dalam mata kuliah Kapita Selekta mungkin Anda telah mengenal dan memperlajari teori belajar Gagne. Materi yang ada pada bahan ajar ini adalah lanjutan dari materi tersebut, dan Anda akan diperkenalkan lebih lanjut pada penerapan teori belajar Gagne dalam mata pelajaran matematika. Kalau sebelumnya Anda sudah mengetahui teori-teori belajar yang menjadi landasan dalam proses belajar-mengajar matematika, kali ini akan diuraikan mengenai teori belajar yang umum dipakai dalam proses pembelajaran matematika. Teori ini diperkenalkan oleh Robert M. Gagne (foto di samping) pada tahun 1960-an. Menurut Gagne pembelajaran harus dikondisikan untuk memunculkan respons yang diharapkan.
Setelah mempelajari bahan ajar ini, Anda diharapkan dapat:
1. menjelaskan objek - objek belajar matematika menurut teori belajar Gagne.
2. menjelaskan lima hasil belajar matematika menurut teori belajar Gagne.
3. menerapkan teori belajar Gagne dalam pembelajaran matematika.
Unit ini terdiri dari dua subunit. Subunit pertama berisi dasar-dasar teori belajar Gagne, sedangkan subunit kedua berisi aplikasi teori belajar ini dalam pembelajaran matematika. Untuk mencapai tujuan di atas, bacalah uraian dalam setiap subunit, lalu kerjakan soal-soal latihan sesuai petunjuk jawaban dan soal-soal tes formatif yang terdapat pada bagian akhir setiap subunit. Sebelum Anda membandingkan jawaban Anda untuk tes formatif dengan kunci jawaban yang terdpat pada bagian akhir unit ini, diskusikanlah jawaban Anda tersebut pada teman sejawat di tempat Anda atau teman mengajar Anda. Nah Saudara, jika Anda dapat memahami materi belajar Gagne ini dengan baik, maka Anda akan lancar dalam melaksanakan pembelajaran matematika di SD.

SELAMAT BELAJAR, SEMOGA SUKSES!

Dasar-Dasar Teori Belajar Gagne
 .....
 untuk belajar lebih lanjut mengenai teori belajar Gagne download aja filenya disini


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More