Kamis, 04 April 2013

SKRIPSI BAB IV


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


A.    Deskripsi Data
Deskripsi data dalam penelitian ini diambil dari hasil tes pretasi belajar siswa pada kompetensi dasar melakukan operasi aljabar. Data tersebut diambil setelah melakukan perlakuan yang berbeda pada kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 adalah kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem posing dan kelas eksperimen 2 adalah kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem solving.
1.      Data prestasi belajar matematika pada kelas eksperimen 1
Data prestasi belajar matematika siswa untuk kelas eksperimen 1 berasal dari 18 siswa kelas VIII B. Dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata 76,38 dan standar deviasi 8,008. Data dapat dilihat pada lampiran 16 halaman 108.
2.      Data prestasi belajar matematika pada kelas eksperimen 2
Data prestasi belajar matematika siswa untuk kelas eksperimen 2 berasal dari 20 siswa kelas VIII A. Dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata 81 dan standar deviasi 4,47. Data dapat dilihat pada lampiran 16 halaman 109.






B.     Analisis Data
1.    Analisis Data Awal
a.       Uji Normalitas
Uji normalitas digunakan untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak. Adapun uji normalitas dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Lilliefors dengan taraf signifikan (α) = 5%. Rangkuman uji normalitas sebelum perlakuan disajikan pada tabel berikut.
Tabel 5
Rangkuman Uji Normalitas Sebelum Perlakuan
No.
Kelas
Lobs
N
Ltabel
Keputusan Uji
Ket
1.
Eksperimen 1
1606
20
H0 diterima
Normal
2.
Eksperimen 2
20
H0 diterima
Normal

Dari hasil analisis uji normalitas di atas, tampak bahwa nilai Lobs untuk setiap kelas kurang dari Ltabel berarti pada taraf signifikan (α) = 5% menunjukkan bahwa data prestasi belajar matematika kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 sebelum perlakuan berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 10 dan 11 halaman 95 dan 97.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More