BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.
Deskripsi
Data
Deskripsi
data dalam penelitian ini diambil
dari hasil tes pretasi belajar siswa pada
kompetensi dasar melakukan operasi aljabar. Data tersebut diambil setelah melakukan perlakuan yang berbeda pada kelas
eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2.
Kelas eksperimen 1 adalah kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran problem posing dan
kelas eksperimen 2 adalah kelas yang diberi pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran problem solving.
1. Data
prestasi belajar matematika pada kelas eksperimen 1
Data prestasi belajar matematika siswa untuk kelas
eksperimen 1
berasal dari 18 siswa kelas VIII B.
Dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata 76,38 dan standar deviasi 8,008.
Data dapat dilihat pada lampiran 16 halaman 108.
2. Data
prestasi belajar matematika pada kelas eksperimen 2
Data prestasi belajar matematika siswa untuk kelas
eksperimen 2
berasal dari 20 siswa kelas VIII A.
Dari data tersebut diperoleh nilai rata-rata 81 dan standar deviasi 4,47. Data
dapat dilihat pada lampiran 16 halaman 109.
B.
Analisis
Data
1.
Analisis
Data Awal
a. Uji
Normalitas
Uji
normalitas digunakan untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau
tidak. Adapun uji normalitas dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Lilliefors dengan taraf signifikan (α) = 5%. Rangkuman uji normalitas sebelum
perlakuan disajikan pada tabel berikut.
Tabel 5
Rangkuman Uji Normalitas
Sebelum Perlakuan
No.
|
Kelas
|
Lobs
|
N
|
Ltabel
|
Keputusan
Uji
|
Ket
|
1.
|
Eksperimen
1
|
1606
|
20
|
|
H0
diterima
|
Normal
|
2.
|
Eksperimen
2
|
|
20
|
|
H0
diterima
|
Normal
|
Dari hasil analisis uji
normalitas di atas, tampak bahwa nilai Lobs untuk setiap kelas
kurang dari Ltabel berarti pada taraf signifikan (α) = 5% menunjukkan bahwa data prestasi belajar
matematika kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 sebelum perlakuan berasal
dari populasi yang berdistribusi normal. Perhitungan selengkapnya dapat dilihat
pada lampiran 10 dan 11 halaman 95 dan 97.
0 komentar:
Posting Komentar