Kamis, 04 April 2013

SKRIPSI BAB V


BAB V
PENUTUP


A.  Kesimpulan
Tujuan penelitian ini adalah untuk memgetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem posing dan siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem solving. Hasil uji hipotesis mengatakan bahwa model pembelajaran problem posing tidak lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran problem solving pada kompetensi dasar melakukan operasi aljabar.

B.  Saran
Berikut beberapa saran berkaitan dengan hasil penelitian ini antara lain:
1.      Dalam penyampaian materi pelajaran matematika, guru dan calon guru matematika perlu memperhatikan adanya pemilihan model pembelajaran yang tepat yaitu sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Dalam menyampaikan materi dengan cara yang menyenangkan sehingga siswa sehingga tidak bosan dan mereka tetap semangat mengikuti pelajaran sehingga materi yang disampaikan dapat dipahami siswa.
2.      Untuk mendapatkan hasil prestasi belajar yang tinggi, hendaknya siswa lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan siswa juga harus lebih giat dalam belajar mengenai konsep-konsep matematika serta memperbanyak latihan-latihan soal.
3.      Bagi calon peneliti yang ingin menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem posing dalam penelitiannya, harus menguasai materi dan dapat mengatur waktu dalam pembelajaran sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu siswa harus benar-benar diarahkan untuk mencari, membuat dan mengemukakan permasalahan di depan kelas.
4.      Bagi calon peneliti yang ingin menerapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving dalam penelitiannya, harus menguasai materi dengan baik dan dalam menjelaskan materi mudah dipahami. Selain itu siswa harus benar-benar diarahkan untuk memperhatikan materi yang disampaikan dan soal-soal yang dicontohkan sehingga siswa bisa menyelesaikan soal-soal yang dibuat guru.
5.      Kepada peneliti lain dapat melakukan penelitian pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem solving dengan pokok bahasan lain atau pada populasi lain.
Kepada peneliti lain dapat melakukan penelitian pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem posing dengan pokok bahasan lain atau pada populasi lain.


untuk file Zip lengkap bab I-V silahkan download

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More