Selasa, 15 November 2011

MERANCANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA

MERANCANG PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Pengertian dan Ciri-Ciri Rencana
Pembelajaran Matematika
Apabila Anda akan berbelanja kebutuhan sehari-hari di pasar, apa yang Anda lakukan terlebih dahulu? Saya yakin jawabannya adalah menyiapkan uang untuk belanja dan menyusun rencana belanja. Rencana yang Anda susun tentu akan meliputi barang-barang yang akan dibeli dan tempat untuk mendapatkan barang-barang tersebut. Seandainya Anda ke pasar tanpa menyusun rencana, apakah yang akan terjadi? Anda tentu sepakat bahwa kemungkinan besar yang akan terjadi adalah barang-barang yang Anda beli tidak sesuai dengan kebutuhan. Bahkan kemungkinan terburuk Anda akan berputar-putar saja di pasar tanpa ada yang dibeli.
Kondisi di atas terjadi juga pada proses pembelajaran matematika. Sebelum kita melaksanakan pembelajaran matematika, tentu guru harus menyusun rencana pembelajarannya terlebih dahulu. Rencana pembelajaran yang dirancang ini nantinya merupakan arah bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran matematika yang efektif dan efisien dalam rangka mencapai hasil belajar yang optimal. Tentu saja dalam penyusunan rencana pembelajaran ini, guru harus tetap mempertimbangkan kemampuannya sebagai pelaksana pembelajaran dan kebutuhan siswa sebagai peserta belajar. Dengan demikian rencana pembelajaran matematika adalah rencana kegiatan operasional yang dirancang oleh guru yang berisi skenario tahap demi tahap tentang kegiatan matematika yang dilakukannya di kelas bersama siswa dalam satu kali tatap muka (pertemuan).
Di dalam rencana pembelajaran tersebut, standar kompetensi dan kompetensi dasar harus dijabarkan ke dalam indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber dan penilaian pembelajaran. Penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ini tentu saja harus tetap mengacu kepada hakikat pembelajaran matematika yang menekankan penguasaan konsep dan algoritma di samping kemampuan memecahkan masalah, dan mengacu juga kepada prinsip-prinsip mempelajari matematika sebagai berikut:
1.Materi matematika disusun menurut urutan tertentu atau topik matematika didasarkan pada sub topik tertentu
2.Seorang siswa dapat memahami suatu topik matematika jika ia telah memahami sub topik pendukung atau prasyaratnya
Pengembangan

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More