Selasa, 15 November 2011

PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES

PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES
PENDAHULUAN
Tiga puluh tahun yang lalu menonton televisi hanya merupakan mimpi bagi rakyat Indonesia. Namun sekarang, jaringan televisi sudah tersebar ke seluruh penjuru tanah air. Tiga puluh tahun yang lalu jumlah pesawat telepon juga sangat terbatas. Namun sekarang, pesawat telepon sudah menyebar ke mana-mana. Bahkan sudah meningkat kepada penggunaan telepon genggam yang dulunya merupakan hal yang mustahil untuk dimiliki. Kemajuan ilmu dan teknologi ini juga diikuti oleh kemajuan pada bidang lain, seperti di bidang pertanian, industri, dan jasa. Pada saat ini, semuanya hampir sudah tersedia, tinggal bagaimana kita masing-masing untuk memanfaatkaannya.
Sebagai Guru, apakah Anda pernah memikirkan bagaimana memanfaatkan berbagai perkembangan ini di dalam pembelajaran matematika? Apakah Anda juga pernah berusaha mengarahkan siswa mengelola apa yang diperolehnya dari lingkungan sekitar untuk meningkatkan hasil belajar mereka? Apabila jawabannya belum, berarti Anda belum memahami dengan baik makna keterampilan proses dalam suatu pembelajaran.
Keterampilan proses adalah keterampilan memproses informasi yang diwarnai dengan prinsip-prinsip Cara Belajar Siswa Aktif yang secara umum hampir sama dengan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) seperti termuat dalam Kurikulum 2004 dan 2006. Di Sekolah Dasar, keterampilan ini seharusnya muncul dalam mata pelajaran kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi, termasuk juga matematika. Hal ini tercermin dari tujuan pembelajaran mata pelajaran kelompok ini seperti termuat di dalam kurikulum Sekolah Dasar 2006 (Depdiknas, 2006) yaitu untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.
Bagaimana karakteristik keterampilan proses dalam pembelajaran matematika di Sekolah Dasar dan bagaimana hubungannya dengan CTL.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More