Senin, 14 November 2011

PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA


PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
    Pengertian Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika
Anda tentu pernah merasakan adanya masalah. Tetapi apakah Anda mengetahui yang dimaksud dengan masalah tersebut. Memang tidak mudah mendefinisikannya. Jauh lebih mudah merasakannya. Masalah timbul apabila seseorang menginginkan sesuatu tetapi tidak segera mengetahui apa yang harus dilakukan untuk memperolehnya. Jadi, masalah adalah sesuatu yang timbul akibat adanya “rantai yang terputus” antara keinginan dan cara mencapainya . Keinginan atau tujuan yang ingin dicapai sudah jelas, tetapi cara untuk mencapai tujuan itu belum jelas. Biasanya tersedia berbagai alternatif yang bisa ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan itu.
Misalnya seseorang yang baru pertama kali mengunjungi sebuah kota ingin mencari sebuah kantor pos. Hal ini tentu merupakan masalah baginya, karena dia tidak tahu di mana ada kantor pos dan bagaimana mencapainya, walaupun tujuannya mencari kantor pos sudah jelas. Tetapi ada beberapa alternatif yang bisa ditempuh oleh orang ini untuk mencapai tujuannya, yaitu (1) melihat peta kota di mana ada kantor pos dan mengikuti jalan yang ada di peta itu, (2) bertanya kepada orang lain yang ditemuinya di jalan di mana kantor pos dan bagaimana mencapainya, atau (3) memanggil taksi dan minta diantar ke sebuah kantor pos.
Masalah bersifat relatif. Artinya, masalah bagi seseorang pada suatu saat belum tentu merupakan masalah bagi orang lain pada saat itu atau bahkan bagi orang itu sendiri beberapa saat kemudian. Secara lebih khusus, masalah bagi siswa kelas I Sekolah Dasar belum tentu merupakan masalah bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Pada contoh di atas, menemukan sebuah kantor pos tentu bukan masalah bagi orang yang tinggal di kota itu dan tidak lagi menjadi masalah bagi orang itu sendiri pada kunjungannya yang kedua di kota itu.
Pemecahan masalah pada dasarnya adalah proses yang ditempuh oleh seseorang untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya sampai masalah itu tidak lagi menjadi masalah baginya (Hudojo, 1988).

untuk peserta didik ingin mendownload filenya, yaitufile pdf  silahkanklik aja disini

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More